Cara Membuat File PDF pada Microsoft Word


Karena sesuatu hal kita perlu mengubah dokumen yang berekstensi Microsoft Word ke dalam file yang berekstensi PDF. Misalnya untuk keperluan kelengkapan pemberkasan skripsi, thesis, dan lain-lain. Biasanya file dalam bentuk PDF ini diminta oleh yang berkepentingan dalam bentuk soft copy (disimpan di flashdisk maupun CD/DVD). Dalam beberapa fungsi, file PDF digunakan untuk membuat sebuah buku elektronik yang disebut dengan E-Book. Orang lebih suka membuka e-book daripada membuka file yang berbentuk MS Word, karena e-book lebih cepat dibuka daripada MS Word, selain itu tatanan huruf, format pengetikan tidak dapat berubah, sehingga sesuai dengan aslinya. Karena, terkadang suatu file yang berbentuk MS Word akan tampak berantakan hasil ketikannya ketika dibuka pada komputer lain. Pernahkah Anda mengalami hal demikian?

Mengapa mereka sering minta file dalam bentuk PDF? Karena file PDF dianggap sebagai dokumen yang sudah final, sudah tidak memerlukan editan lagi. Selain itu, file PDF lebih ringan jika dibuka dengan berbagai aplikasi baik dengan menggunakan PC atau android. File PDF juga tidak bisa terpengaruh oleh virus. Sedangkan file dalam bentuk Microsoft Word rentan terhadap serangan virus, sehingga kadang-kadang ketika dibuka filenya tidak terlihat tulisan-tulisan sebagaimana mestinya tetapi justru berbentuk huruf-huruf aneh atau seperti kode-kode yang ruwet.

Oke, bagaimana cara membuat mengubah Microsoft Word ke dalam bentuk PDF?

  1. Pertama kali adalah pastikan bahwa Anda sudah menginstal aplikasi (program) PDF, misalnya Adobe Reader, maupun Foxit Reader PDF. Kebetulan penulis menggunakan Foxit Reader PDF. Kita dapat mengunduhnya di internet. Banyak situs yang menyediakan program atau aplikasi Foxit Reader PDF. Pada akhir artikel ini akan penulis cantumkan link untuk mengunduh aplikasi Foxit Reader PDF.
  2. Jika kita sudah menginstal program tersebut maka akan muncul pada Tab Menu sebelahnya menu “View”. (Lihat gambar).
  3. Bukalah atau siapkan dokumen yang sudah diketik dalam bentuk Microsoft Word.
  4. Pilihlah menu “Foxit Reader PDF” (Ada beberapa MS Word menu ini tidak muncul)
  5. Lalu pilih icon “Create PDF”
  6. Maka akan muncul kotak dialog, tekan saja “OK”
  7. Lalu kita akan dibawa pada direktori (tempat) untuk menyimpan file PDF yang sedang kita buat ini. Jika sudah yakin bahwa file tersebut akan disimpan di folder yang telah kita pilih maka tekan tombol “Save”
  8. Maka dokumen PDF sudah jadi


Ada cara lain untuk mengubah (membuat) file PDF, terutama bagi MS Word yang tidak ada menu “Foxit Reader PDF”, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Klik menu “File” pada toolbar maka akan muncul beberapa pilihan, pilihlah “Save As”
  2. Pada kolom “Save as type” scrol ke bawah dengan menekan segitiga hitam yang ada di pinggir kanan. Maka akan muncul beberapa pilihan, klik “PDF”
  3. Maka secara otomatis akan dibawa juga kita ke direktori (tempat) penyimpanan file tersebut. Jika kita sudah yakin letak file tersebut maka klik “Save”
  4. Maka file FDF sudah jadi.
  5. Kita dapat mengecek pada direktori (tempat menyimpan) file PDF yang telah kita buat tersebut. Maka akan tampak dua file dengan nama sama tetapi ekstensi berbeda, yang satu ekstensi MS Word, sedangkan yang satu ekstensi PDF.


Oke, selamat mencoba. Bagi Anda yang belum memiliki program Foxit Reader PDF maka dapat mengunduhnya pada link di bawah ini.


Related Posts: