Agar Judul Tabel Tetap Bersambung di Halaman Berikutnya

Ketika kita membuat suatu tabel biasanya berisi tentang data sesuatu. Ada yang cukup dengan satu halaman saja data itu sudah terkover ke dalam satu tabel. Tetapi ada kalanya data itu sangat banyak sehingga tabel dalam satu halaman saja belum cukup sehingga perlu disambung pada halaman selanjutnya. Ketika tabel itu berada pada halaman selanjutnya, ternyata judul tabel tidak ada karena hanya berada pada halaman sebelumnya (halaman pertama). Sedangkan pembacaan suatu data akan lebih jelas maknanya jika mengetahui judul kolom dalam tabel itu. Misalnya, kita membaca data ke 55 yang berada pada halaman berikutnya, lalu kita membaca kolomnya tetapi kita tidak tahu itu tadi judul kolomnya tentang apa. Hal ini akan membuat si pembaca mengalami kebingungan karena tidak tahu judul tabel atau judul kolom yang berada pada halaman awal. 

Oleh karena itu, agar data dalam tabel yang telah kita buat menjadi jelas maka kita buat judul tabel yang sama dengan halaman sebelumnya (halaman awal). Cara ini bisa dengan cara manual yaitu membuat tabel lagi yang serupa dengan tabel sebelumnya, tetapi cara ini cukup merepotkan. Memakan banyak waktu dan tenaga. Oleh karena itu, ada cara yang secara otomatis judul tabel akan muncul pada halaman berikutnya selama tabel itu tetap bersambung.

Lalu, bagaimana cara membuat agar judul tabel tetap bersambung di halaman berikutnya?
  1. Pastikan Anda sudah membuka Microsoft Word (dalam hal ini penulis menggunakan MS Word 2013)
  2. Buatlah tabel sebagaimana biasanya.
  3. Jika pengisian data pada tabel halaman pertama belum cukup maka diteruskan pada halaman berikutnya.
  4. Tulislah data semuanya hingga cukup halaman yang dibutuhkan (mungkin sampai 2 atau 3 halaman)
  5. Jika kita ingin agar tabel pada halaman berikutnya memiliki judul yang sama dengan tabel pertama maka cukup disorot (diblog) judul tabel pertama.
  6. Lalu carilah icon “Repeat Header Rows” pada ribbon “Data”. Lihat tanda panah pada gambar.
  7. Maka akan muncullah judul data pada tabel di halaman berikutnya, persis seperti judul tabel halaman pertama.

Catatan:
  • Ketika kita mengeklik icon “Repeat Header Rows” maka pastikan kita masih mengeblok judul tabel. Jika judul tabel tidak diblok (disorot) maka icon “Repeat Header Rows” tidak akan aktif.
  • Penggunaan “Repeat Header Rows” hanya berlaku pada satu tabel yang bersambung hingga halaman berikutnya. Jika tabel terputus atau membuat tabel baru dengan judul yang sama maka fitur ini tidak akan berfungsi. 

Oke, semoga tutorial kali ini bermanfaat.

Related Posts: