Operasi Bilangan Bulat (Penjumlahan)

Matematika (KD 3.1. dan 4.1)

Operasi Bilangan Bulat (Penjumlahan)

Setelah kalian memahami pengertian bilangan bulat maka sekarang kita akan mempelajari operasi hitung bilangan bulat. Operasi hitung bilangan bulat itu itu ada empat yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Namun, pada pertemuan kali ini akan kita bahas tentang operasi penjumlahan bilangan bulat.

Penjumlahan Bilangan Bulat

Dalam sebuah soal cerita maka yang harus diperhatikan adalah mana yang termasuk positif dan mana yang termasuk negatif.
Yang termasuk positif misalnya: maju (ke depan), naik (ke atas), ke kanan, suhu di atas nol, dan lain-lain.
Sedangkan yang termauk negatif misalnya: mundur (ke belakang), turun (ke bawah), ke kiri, suhu di bawah nol, dan lain-lain.

Perhatikan contoh berikut:


1)  Udin berdiri di titik nol (0) kemudian ia melangkahkan kaki 4 langkah ke depan. Kemudian dia mundur 9 langkah. Di titik berapakah Udin berdiri saat ini?

Pernyataan tersebut dapat kita gambar dengan garis bilangan sebagai berikut:

Jika ditulis dengan kalimat Matematika maka :
4 + (-9) = -5

Jadi, Udin sekarang beridiri di titik -5

2)  Suhu di Dieng pada pada pagi ini 7 derajat Celcius di bawah nol. Dua jam kemudian suhunya naik 12 derajat Celcius. Berapa derajat suhu saat ini?

Pernyataan tersebut dapat kita gambar dengan garis bilangan sebagai berikut:

Jika ditulis dengan kalimat Matematika adalah:
-7 + 12 = 5

Maka suhu sekarang adalah 5 derajat Celcius.

3)  Seorang penyelam menyelam di kedalaman 8 meter di bawah permukaan laut. Kemudian dia berenang naik 5 meter. Berapa meter posisi si penyelam dari permukaan laut sekarang?

Pernyataan tersebut dapat kita gambar dengan garis bilangan sebagai berikut:

Jika ditulis dengan kalimat Matematika adalah:
          -8 + 5 = -3
Jadi, penyelam itu berada pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan laut

4)  Iwan berdiri di titik nol. Kemudian dia bergeser 5 langkah ke kiri. Kemudian dia bergeser lagi 5 langkah ke kiri. Di titik mana Iwan sekarang berada?

Pernyataan itu kita gambar dengan garis bilangan seperti di bawah ini:

Jika ditulis dengan kalimat Matematika maka:
              -5 + 5 = 0
Jadi, sekarang Iwan berada di titik 0.

Setelah kalian memahami informasi tersebut sekarang kerjakan tugas berikut ini dengan cara menggambar garis bilangan, kalimat matematikanya dan kesimpulannya!

TUGAS
  1. Seekor katak melompat 7 langkah ke kiri dari titik nol. Kemudian dia melompat lagi ke kanan sebanyak 15 langkah. Sekarang pada posisi angka berapa si katak?
  2. Jarwo berdiri di titik nol, kemudian dia maju sebanyak 3 langkah. Kemudian dia mundur 10 langkah. Di angka berapa Jarwo sekarang berada?
  3. Adit menyimpan air di dalam kulkas. Setelah beberapa saat ternyata suhu air di dalam kulkas itu 6 derajat di bawah nol. Kemudian Jarjit mengambil air itu dan menaruhnya di dalam gelas lalu dibiarkan di meja, sehingga suhunya naik 8 derajat. Berapa derajat suhu air itu sekarang?
  4. Upin gemar mencari ikan dengan cara memanah di dalam air. Ia menyelam di kedalaman 2 meter di bawah permukaan air. Ternyata dia mengejar ikan yang terus turun ke bawah sejauh 3 meter, hingga akhirnya ia mendapatkan ikan itu. Di kedalaman berapa meter Upin berhasil mendapatkan ikan?
  5. Dinar berdiri dari titik nol, kemudian dia berjalan ke kiri 6 meter. Kemudian dia berjalan lagi ke kanan 13 meter. Berapa meter Dina berada dari titik nol?


Oke, kerjakan dengan teliti. Selamat mengerjakan.

Related Posts: