Cara Membuat Page Border pada Microsoft Word 2013

Page Border
Page Border merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Microsoft Word 2013 yang biasanya digunakan untuk membuat sampul. Sampul tersebut dapat digunakan untuk sampul karya tulis, maupun lainnya. Jika Anda sudah familiar dengan Microsoft Word di bawah 2010 (MS Word 2007, 2003) maka ada perbedaan dengan Microsoft Word di atas 2007 (MS Word 2010, 2013, 2017). Bahkan ada di antara kita yang masih bingung mencari fitur page border ini. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas tentang cara membuat page border pada Microsoft Word di atas 2007 (dalam hal ini yang penulis gunakan sebagai contoh adalah MS Word 2013). Jangan khawatir jika Anda masih menggunakan MS Word 2010 atau 2017, karena fitur dan letaknya sama.



Bagaimana cara membuat page border pada MS Word 2013?
  1. Bukalah Microsof Word 2013 
  2. Pilihlah menu “DESIGN” kemudian lihat icon “Page Border” yang terletak di kanan atas window. 
  3. Maka akan muncul kotak dialog “Borders and Shading”, kemudian pilih kotak “Arts” dan perhatikan tanda segitiga kecil warna hitam pada kotak tersebut. 
  4. Ketika kita klik segitiga kecil warna hitam tersebut maka akan muncul berbagai border yang siap digunakan. Silakan pilih sesuai selera Anda. Jika sudah Anda pilih border yang diinginkan maka klik “OK”
  5. Maka akan muncul border yang telah kita pilih tersebut.
  6. Namun jika kita perhatikan border tersebut tampak kurang proporsional karena terlalu ke pinggir sehingga jika dijilid akan kurang bagus.
  7. Kita dapat mengubahnya agar border terletak proporsional agak ke tengah (lihat contoh). Pilihlah tab “Options” yang terletak di kanan bawah kotak dialog.
  8. Muncullah kotak dialog dan pilihlah kotak “Measure From” kemudian klik tanda segitiga kecil warna hitam maka akan muncul dialog “Text” dan “Edge of page”. Pilihlah “Text” maka akan muncul beberapa tanda centang dan ukuran margin.
  9. Kemudian klik “Ok” maka jadilah “Page border” sesuai yang kita inginkan.

Demikian, tutorial tentang cara membuat page border pada Microsoft Word 2013. Anda dapat menggunakannya pada Microsoft Word 2010, maupun 2017, karena fiturnya sama. Jika Anda menggunakan MS Word 2007 maka caranya sebagai berikut.
  1. Klik menu "Lay Out"
  2. Pada grup menu "Page Background", klik ikon "Page Borders"
  3. Muncul jendela Borders and shading, klik "Page Border"
  4. Aktifkan menu "Box"
  5. Atur dan pilih "Style", "Color", "Width", atau "Art" yang diinginkan
Semoga bermanfaat.

Related Posts: