Cara menghilangkan garis merah di bawah teks


Pernahkah Anda saat mengetik dokumen pada microsoft word, tiba-tiba muncul garis-garis merah seperti ini? 

Jika kita pernah mengalami seperti itu maka hal itu berarti sama dengan yang penulis alami. Memang, munculnya garis-garis merah (sebenarnya itu bukan sebuah garis tetapi semacam bintik-bintik merah) yang ada di bawah kata demi kata yang telah kita tulis. Rasanya sangat mengganggu pemandangan ketika kita melihat lagi hasil ketikan. Apalagi jika kita akan memeriksa lagi apakah dokumen kita ada kata atau kalimat yang salah, maka adanya bintik-bintik merah tersebut sangat mengganggu.
Sebenarnya, hal itu bukan sebagai pengganggu user, tetapi munculnya bintik merah tersebut justru karena kepedulian pihak Microsoft Word kepada user karena mereka memperhatikan ejaan. Ketika tulisan atau kata yang kita ketik tidak sesuai dengan ejaan mereka (tentunya ejaan bahasa Inggris) maka otomatis akan muncul bintik-bintik merah di bawah setiap kata yang kita ketik. Namun, karena kita bukan orang Inggris atau yang kita ketik tidak bahasa Inggris maka munculllah koreksi otomatis dari aplikasi tersebut. Kita tidak perlu khawatir karena kita dapat menghilangkan garis/bintik merah yang mengganggu tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

1.   Pastikan kita telah membuka Microsoft Word (boleh versi berapapun, tetapi yang kita jadikan contoh saat ini adalah Microsoft Word 2016).
 2.  Klik menu File pada menu bar yang berada di pojok kiri atas

3.  Maka akan muncul kotak dialog, kemudian pilih Option


4.  Maka akan muncul kotak dialog General kemudian pilihlah Proofing


5.  Maka akan muncul kotak dialog Proofing dan di sana terdapat tanda centang pada kotak kecil masing-masing pilihan


6.  Kemudian kita klik tanda centang yang ada di kotak-kotak kecil tersebut hingga semua tanda centang hilang. Kemudian klik tombol OK.


7.  Maka akan tampak di lembar dokumen kita semua garis atau bintik merah yang ada di bawah setiap kata sudah hilang sehingga dokumen tampak bersih.


Jika dokumen kita bersih dari gangguan garis-garis merah maka akan mudah mengoreksi kesalahan setiap kata karena mungkin salah ketik. Oke, sekian dulu tutorial kita kali ini tentang bagaimana cara menghilangkan bintik atau garis merah pada teks. Semoga bermanfaat.

Related Posts: