Membuat Tabel pada Power Point

Saat kita akan menyampaikan suatu laporan yang harus diketahui oleh banyak orang maka kita perlu mempresentasikan secara jelas kepada para audiens. Penyampaian secara jelas dan akurat tersebut harus ditunjang dengan tampilan presentasi yang benar-benar membuat orang lain paham. Salah satu cara untuk menyampaikan laporan dengan jelas dan sistematis adalah dengan menggunakan tabel.
Kita dapat membuat tabel sesuai dengan kebutuhan yang akan kita sampaikan. Oleh karena itu, sebelum membuat tabel, kita harus tahu point-point atau item-item apa saja yang perlu disampaikan sehingga hal itu akan mempengaruhi terhadap pembuatan jumlah kolom dan baris. 
Dalam tutorial kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tabel dengan mudah pada power point. Bagaimana caranya, ikuti langkah-langkah berikut ini:
1.  Pastikan kita sudah membuka program Microsoft Power Point (Berapapun versinya)
2.  Kita ketik judul presentasi seperti biasa, kemudian next slide maka akan muncul beberapa gambar yang transparan di dalam lembar slide. Kita pilih (klik) gambar tabel (lihat tanda panah)

3.  Maka akan muncul kotak dialog yang menyatakan berapa jumlah kolom maupun baris yang akan kita butuhkan. 

4.  Oke, kita ambil contoh bahwa kita akan membuat tabel dengan 4 kolom dan 6 baris. Maka kita tinggal menekan panah kecil yang ada di kotak jumlah kolom maupun baris. Jika segitiga menghadap ke atas artinya kolom atau baris akan bertambah. Jika segitiga menghadap ke bawah maka jumlah kolom atau baris makin berkurang. Jika sudah yakin maka klik tombol OK.

5.  Maka akan muncul tampilan tabel yang siap untuk diisi

6.  Tabel kita tulis sesuai kebutuhan (kita ambil contoh sederhana seperti pada gambar berikut)

7.  Jika kita ingin warna tabel tidak seperti itu maka maka kita dapat mengubahnya sesuai selera. Letakkan dulu kursor di sembarang tempat tetapi masih di dalam tabel. Lihat contoh.


8.  Pilih menu Design table, yaitu pada sebelah kanan menu bar. Karena menu design ada dua, maka jangan keliru.

9.  Jika kita klik pilihan design tabel maka akan muncul banyak pilihan. Silakan pilih sesuai selera.

10.  Misalnya kita klik design tabel warna merah maka akan tabel kita yang semula tidak berwarna merah akan berubah tampilannya menjadi warna merah. Silakan pilih sesuai selera.

Demikian cara membuat tabel pada presentasi semoga dengan bertambahnya pengetahuan kita tentang cara membuat tabel akan membuat kita makin terampil dalam mempresentasikan suatu laporan. 
Selamat mencoba, semoga sukses.

Related Posts: