Cara Membuat Nomor Halaman pada Microsoft Word

Ketika kita membuat dokumen yang lebih dari satu lembar (halaman) maka diperlukan penomoran halaman agar memudahkan kita dalam mengurutkan atau memudahkan kita untuk mengetahui letak halaman hal-hal penting dalam dokumen tersebut. Lebih-lebih ketika kita membuat suatu karya ilmiah, misalnya buku, skripsi, makalah, thesis, dan sebagainya. Oleh karena itu, memberi nomor pada halaman adalah hal paling penting karena berkaitan dengan daftar isi yang akan kita buat pada awal bab.

Bagaimana cara membuat nomor pada halaman?
Membuat nomor halaman dapat dibuat secara manual yaitu dengan mengetikkan nomor yang terletak di sebelah bawah maupun atas halaman. Namun, jika ditulis secara manual maka ketika akan berganti halaman justru akan kocar-kacir tidak karuan. Oleh karena itu, pada Microsoft Word sudah disediakan fitur pembuatan nomor halaman secara otomatis. Adapun langkah-langkah membuat nomor halaman secara otomatis adalah sebagai berikut:

Pastikan kita sudah membuka dokumen Microsoft Word. Bisa kita ketik terlebih dahulu hingga beberapa halaman, atau sebelum kita ketik dokumen tersebut baru kita buat penomoran halaman.
  1. Pada toolbar klik tombol menu “INSERT
  2. Klik “Page Number
  3. Maka akan muncul pilihan “Top of Page” (nomor di atas halaman), “Bottom of Page” (nomor di bawah halaman), dan lain-lain.
  4. Jika kita ingin agar nomor di atas halaman maka akan muncul beberapa pilihan, yaitu di kiri atas, tengah atas, atau kanan atas (lihat tanda lingkaran merah).
  5. Setelah kita pilih letak nomor pada halaman maka akan muncul hasilnya (misalnya kita pilih letak nomornya di kiri atas)
  6. Jika kita ingin agar nomor di bawah halaman maka akan muncul beberapa pilihan, yaitu di kiri bawah, tengah bawah, atau kanan bawah (lihat tanda lingkaran merah).
  7. Jika kita ingin agar nomor halaman terletak di tengah bawah halaman maka akan muncul nomor halaman tersebut
  8. Jika halaman yang telah kita buat lebih dari satu halaman maka nomor selanjutnya akan muncul secara otomatis pada halaman berikutnya.

Oke, selamat mencoba semoga tutorial ini bermanfaat.

Related Posts: