Cara Membuat Kriteria Kelulusan

    Dalam suatu lembaga pendidikan, misalnya dalam kursus maupun sekolah, atau dalam akademisi kita dituntut untuk dapat mengelompokkan mana siswa yang lulus ataupun yang tidak lulus. Tidak hanya pada lingkup sekolah, hal ini dapat kita praktikkan dalam bidang lain, misalnya dalam suatu kursus atau pengelompokan umur suatu kelompok orang, dan lain-lain sesuai dengan situasi dan kondisi yang kita hadapi. 
   Misalnya kita disuruh mengklasifikasikan mana siswa yang lulus test atau yang tidak lulus. Jika jumlah siswa atau peserta tersebut sedikit (kurang dari 10 orang) maka secara manual kita bisa menghitungnya dengan cepat. Tetapi, jika jumlah peserta atau siswa tersebut lebih dari 100 orang, kita disuruh menentukan mana yang lulus dan mana yang tidak lulus tentu akan butuh waktu lama dan energi lebih untuk meneliti satu persatu perolehan nilai peserta atau siswa tersebut.

   Kita bisa menentukan siswa atau peserta yang lulus maupun tidak lulus secara cepat dan akurat walaupun data yang masuk ada ratusan bahkan ribuan peserta, yaitu dengan menggunakan program Microsoft Office Excel, berapapun versi yang kita gunakan rumusnya tetap sama.
   Kali ini kita akan membahas tentang cara menentukan kriteria kelulusan dengan cepat dan akurat. Dalam contoh yang kita tampilkan nanti adalah menggunakan contoh sederhana, misalnya menentukan kriteria kelulusan suatu kelas atau kursus. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi tugas yang Anda kerjakan. Adapun dalam contoh ini siswa yang dinyatakan lulus jika nilainya minimal 60 atau lebih. Sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di bawah 60 dinyatakan tidak lulus. Kita menyebutknya dengan istilah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Bagaimana langkah-langkahnya? Ikuti penjelasan berikut ini:
1.  Tulislah data semuanya termasuk nilainya, tetapi kolom keterangan jangan diisi dulu

2.  Letakkan kursor pada awal keterangan nomor siswa pertama yaitu pada cell E4

3.  Klik icon formula yang dilambangkan dengan tanda fx. Lihat lingkaran merah pada gambar

4.  Maka akan muncul kotak dialog Insert Function dan di sana sudah terlihat fungsi IF pada kolom Select a function, kemudian klik tombol OK

5.  Maka akan muncul kotak dialog Function Arguments tetapi pada kotak logical test masih kosong

6.  Letakkan kursor pada kolom Nilai yaitu pada data pertama (siswa pertama), tepatnya pada cell D5

7.  Kemudian tulis kriterianya yaitu nilai KKM 60 maka ditulis pada logical test batasan kriteria lulus yaitu >=60 kemudian pada kotak Value if true tulis "LULUS" sedangkan pada Value if false tulis "TIDAK LULUS"

8.  Maka pada data pertama yaitu data atas nama "AHMAD SYAIKHU" dalam keterangan dinyatakan "LULUS"

9.  Dari data pertama tersebut kemudian drag ke bawah ingga nomor urut 17 yaitu pada cell E21

10.  Maka setelah didrag hasilnya dapat dilihat seperti pada gambar berikut:

11.  Kemudian klik di area bebas di luar tabel maka selesailah tugas kita menentukan kelulusan

Demikian tutorial kali ini tentang cara menentukan kriteria kelulusan dengan cepat dan akurat. Silakan dicoba dulu hingga benar-benar menguasai cara ini. 
Semoga sukses.


Related Posts: