Mencari Hasil Bilangan Kuadrat dan Pangkat Tiga pada Excel

Adakalanya kita ingin mencari hasil kali dua bilangan yang sama atau mencari hasil dari bilangan bila dikuadratkan. Misalnya 236 x 236 atau kuadrat dari 236. Maka kita mengambil kalkulator atau bisa dengan perhitungan manual dengan mencarinya lewat perkalian pada kertas kosong. Itu kalau hanya satu bilangan yang dikuadratkan. Nah, bagaimana caranya jika kita disuruh mencari mungkin ada seratus bilangan yang dikuadratkan. Silakan dicoba menghitungnya dengan kalkulator atau perhitungan manual pada kertas kosong. Saya tunggu ya, entah butuh waktu berapa lama untuk menghitung hasilnya. Belum lagi jika ada salah tulis atau salah hitung. Butuh waktu lama bukan?

Bagaimana cara menghitung bilangan yang dikuadratkan?
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
1.   Pastikan kita telah membuka program MS Excel (berapapun versinya)
2.  Tulislah angka-angka yang akan kita hitung untuk dikuadratkan (contoh kita akan menghitung sepuluh bilangan yang berbeda)

3.   Tulislah pada cell C5 (contoh) rumus kuadrat yaitu dengan mengetik = (tanda sama dengan pada keyboard), kemudian pilih angka yang ingin dikuadratkan pada cell B5 (contoh) kemudian ketik tanda ^ pada keyboard lalu ketik angka 2 (sebagai tanda pangkat dua). Jadi, akan tertulis =B5^2. Lihat contoh:

4.  Kemudian Enter, maka akan tampak hasilnya:

5.  Coba hitung pada cell di bawahnya hingga nomor 10 (cell C14)

6.  Agar perhitungan lebih cepat maka kita drag saja ke bawah. Caranya letakkan kursor pada pojok kanan bawah pada cell C5, hingga muncul tanda plus di pojok kanan bawah. Lihat contoh:

7.  Lalu kita drag ke bawah hingga nomor 10 (cell 14).

8.  Maka hasilnya akan terlihat seperti berikut ini:

9.  Untuk menghilangkan blog maka kita klik sembarang di area yang kosong, maka blog di cell C5 sampai C 14 akan hilang.

Apakah perhitunganmu dengan kalkulator benar seperti itu hasilnya? Jika sama seperti tampilan contoh tersebut berarti perhitunganmu benar.

Itulah cara perhitungan bilangan yang dikuadratkan (pangkat dua). Jika kita akan menghitung bilangan pangkat tiga (bilangan kubik) juga sama caranya hanya mengganti pangkat dua menjadi pangkat tiga. 

MENGHITUNG BILANGAN PANGKAT TIGA
Contoh : 
1.  Tulis bilangan yang akan dipangkatkan tiga. Tulislah rumusnya di cell C 5 dengan formula = (sama dengan) klik cell yang akan dipangkatkan (contoh B5) ketik tanda ^ pada keyboard, kemudian tulis angkat 3. Jadi di cell C5 tertulis =B5^3. Kemudian enter.

Setelah Enter maka muncullah hasilnya. Agar bilangan di bawahnya dapat pangkatkan tiga maka didrag sampai ke C14 (nomor 10).

2.  Hasil bilangan yang telah dipangkatkan tiga




Related Posts: