Menghitung Data Berdasarkan Kategori

Menghitung data berdasarkan kategori sangat penting, karena dengan mengetahui jenis atau kategori dalam sebuah data maka kita dapat memproses data itu selanjutnya. Misalnya saja, kita akan menghitung jumlah data berdasarkan jenis kelaminnya, yaitu data yang masuk akan kita hitung berapa jumlah laki-laki dan berapa jumlah perempuan. Jika data yang masuk hanya berjumlah sepuluh ke bawah maka kita dapat menghitung secara manual. Tetapi jika data yang masuk hingga berjumlah puluhan atau bahkan ratusan maka diperlukan waktu yang cukup lama untuk menghitung berapa jumlah laki-laki atau jumlah perempuan, itupun terkadang meleset jumlahnya jika dihitung secara manual. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan cara menghitung data berdasarkan kategorinya (dalam pembahasan ini kita ambil contoh menghitung jumlah laki-laki dan perempuan).
Kita dapat menggunakan teori pembelajaran ini pada data lainnya, sesuai dengan situasi dan kondisi yang kita hadapi saat itu. Misalnya, kita akan menghitung data berdasarkan pendidikannya, berdasarkan lokasinya, berdasarkan golongannya, dan sebagainya. Pada dasarnya perhitungan tersebut akan sama langkah-langkahnya. Kegiatan perhitungan data tersebut ternyata sangat penting walaupun tampak sepele. Misalnya, jika kita akan menghitung peserta lomba atau semacamnya berdasarkan jenis kelaminnya, agar dapat kita kelompokkan ruangan untuk putra dan putri. Jika kita sudah mengetahui jumlah peserta putra dan jumlah peserta putri maka akan mudah membagi ruangan tersebut dan juga tentunya mudah dalam pembagian snack. Dan sebagainya contoh dapat kita sesuaikan dengan tugas dan keadaan kita.
Bagaimana cara menghitung data berdasarkan kategori tersebut, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
1.   Pastikan kita sudah membuka program Microsoft Excel 
2.   Tulislah data sesuai apa adanya, lihat contoh berikut ini:
3.  Setelah data kita tulis semuanya kemudian kita akan menghitung berapa jumlah perempuan dan berapa jumlah laki-laki
4.   Jika kita akan menghitung jumlah perempuan maka kursor kita letakkan pada cell D22 (searah dengan baris Jumlah Perempuan). 
5.  Lalu kita klik icon (simbol) fungsi insert function berupa gambar huruf fx:
6.  Maka akan muncul kotak dialog insert function dan di sana belum ada fungsi COUNTIF,sehingga kita perlu memunculkannya dengan menuliskannya pada kotak Search for a function, kemudian ketik saja di ruangan kosong tersebut COUNTIF
7.  Kemudian klik tombol Go
8.  Maka akan muncul fungsi COUNTIF pada kotak Select a function lihat gambar:
9. Maka akan muncul kotak dialog Function Arguments dan fungsi COUNTIF sudah berada di cell D22 tadi, dan siap untuk mengolah data yang kita inginkan.
10.  Pada kotak dialog Function Arguments tersebut taruhlah kursor pada kotak Range, kemudian letakkan kursor pada cell D5 yaitu data awal yang akan kita hitung, akan tampak kotak dengan garis putus-putus. Kemudian seret ke bawah hingga data akhir (cell D21)
11.  Maka akan tampak seperti ini.
12.  Pada kotak dialog tersebut kolom Criteria tulis "PEREMPUAN", kemudian klik tombol Ok.
13.  Maka jumlah data "PEREMPUAN" ada 10. Untuk membuktikannya silakan dihitung manual.
18.  Cobalah untuk menghitung data jumlah "LAKI-LAKI". Caranya seperti langkah-langkah di atas, tetapi kita tidak perlu mengetik fungsi COUNTIF lagi pada kotak dialog, karena sudah fungsi tersebut sudah pernah kita gunakan. Jangan lupa kursor diletakkan pada cell D23 karena yang akan kita cari adalah jumlah "LAKI-LAKI"
19. Pada kotak dialog Function Arguments tulis Criteria dengan "LAKI-LAKI" kemudian klik tombol Ok.
20.  Jika benar maka akan terlihat di cell D23 bahwa jumlah "LAKI-LAKI" adalah 7
21. Selesai.
Demikian cara menghitung data berdasarkan kategori. Kita dapat menghitung data apa saja berdasarkan kategorinya sesuai situasi kondisi Anda sendiri. 

PERLU DIINGAT:
Jika suatu fungsi yang belum pernah digunakan maka kita perlu mencarinya pada kotak dialog Search for a function. Tetapi jika suatu fungsi tersebut sudah pernah digunakan maka tinggal mencari saja di kotak Select a function. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.
Selamat mencoba, semoga sukses.


Related Posts: