Kondisi Wilayah Indonesia

IPS (KD 3.1 dan 4.1)

Letak Indonesia secara Geografis

Secara geografis letak Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Australia, serta berada di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia terdiri atas ribuan pulau sehingga Indonesia termasuk negara kepulauan. Ada 5 pulau besar di Indonesia yaitu Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Papua. Sedangkan pulau terbesar di Indonesia adalah Pulau Kalimantan. Karena Indonesia sebagai negara kepualaun maka sebagian besar wilayahnya berupa lautan sehingga Indonesia disebut sebagai negara maritim. Luas wilayah lautan di Indonesia adalah 2/3 dari luas seluruhnya. Jadi, luas wilayah Indonesia adalah 5,19 km2, sedangkan luas lautan (perairan) 3,3 km2.

Indonesia membentang dari barat hingga ke timur, yaitu dari Kota Sabang yang berada di Pulau We yang merupakan pulau paling barat di Indonesia, sedangkan kota paling timur Indonesia adalah Kota Merauke yang berada di Papua. Indonesia membentang dari utara ke selatan yaitu dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote.

Secara astronomis letak Indonesia berada pada 6 derajat LU (Lintang Utara) – 11 derajat LS (Lintang Selatan), dan 114 derajat BT (Bujur Timur) – 95 derajat BT (Bujur Timur). Berdasarkan letak astronomisnya Indonesia mengalami 3 pembagian waktu, yaitu Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT). Jika kita lihat batas-batas garis bujurnya, Indonesia berada di belahan timur bumi. Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa (garis equator). Keistimewaan daerah yang dilalui oleh garis Khatulistiwa adalah memiliki durasi (rentang waktu) yang hampir sama yaitu siang dan malam masing-masing 12 jam. 

Ada beberapa daerah yang dilalui garis khatulistiwa antara lain Pulau-pulau Batu di Sumatera, Kepulauan Lingga, Pontianak di Kalimantan Timur, Sulawesi, Kayoa, Kepulauan Halmahera, dan Pulau Gebe. Sedangkan perairan yang dilalui garis khatulistiwa adalah Selat Karimata, Selat Makassar, Teluk Tomini, Laut Maluku, dan Laut Halmahera.

Indonesia disebut sebagai “Zamrud Khatulistiwa” karena Indonesia adalah negara yang terletak pada garis khatulistiwa sehingga Indonesia memungkinkan mendapat cahaya matahari yang cukup untuk mendukung keanekaragaman hayati sehingga ketika dilihat dari jauh bagaikan jamrud warna hijau yang indah. Karena mendapatkan cahaya matahari sepanjang tahun maka Indonesia beriklim tropis dan memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. 

Untuk mengetahui tingkat pemahaman kalian, jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
  1. Jelaskan letak Indonesia secara geografis!
  2. Jelaskan letak Indonesia secara astronomis!
  3. Sebutkan daerah-daerah yang dilalui garis khatulistiwa
  4. Negara Indonesia mendapat sinar matahari setiap tahun. Hal ini berakibat pada iklim dan cuaca di Indonesia. Apa akibatnya?
  5. Sebutkan 5 pulau besar di Indonesia!

Related Posts: