Organ Gerak Hewan dan Manusia

IPA (KD 3.1 dan 4.1)

Masih ingatkah kalian tentang ciri-ciri makhluk hidup? Ciri-ciri makhluk hidup antara lain:
  • Bergerak 
  • Bernapas
  • Membutuhkan makanan
  • Tumbuh 
  • Berkembang biak
  • Peka terhadap rangsang

Pada pertmuan ini kita akan membahas tentang salah satu ciri makhluk hidup yaitu bergerak. Ya, makhluk hidup dapat bergerak, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Gerak pada makhluk hidup dapat terjadi secara keseluruhan maupun sebagian tubuh makhluk hidup. Gerak pada makhluk hidup terjadi sebagai tanggapan makhluk hidup terhadap rangsangan dari lingkungan. Misalnya, gerakan pada tumbuhan adalah cenderung mencari arahnya cahaya matahari untuk fotosintesis. Gerakan akar yang memanjang cenderung mencari ke arah sumber air. Pada hewan, gerakan terjadi karena mencari makan, menghindari pemangsa, dan lain-lain.
Ikan bergerak menggunakan siripnya untuk berenang

Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang membentuk sistem gerak. Organ gerak berfungsi untuk berjalan, berlari, melompat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya. 

Sistem gerak pada hewan dan manusia terdiri atas rangka dan otot. Rangka merupakan alat gerak pasif, sedangkan otot merupakan alat gerak aktif. Rangka hanya dapat digerakkan oleh otot. Kedua alat gerak tersebut bekerja sama dalam melakukan pergerakan pada tubuh. 

Rangka tersusun atas rangkaian tulang yang saling mendukung dan melindungi organ tubuh yang lunak. Tulang satu dengan tulang lainnya dihubungkan oleh persendian (artikulasi). Tulang dibentuk oleh jaringan ikat yang dibangun dari sel-sel tulang. Sistem rangka di dalam tubuh dilindungi oleh kulit dan otot yang dinamakan endoskeleton
Rangka Tubuh Manusia

Fungsi rangka di dalam tubuh hewan dan manusia antara lain:
  • Sebagai alat gerak pasif
  • Sebagai tempat melekatnya otot
  • Melindungi organ penting yang lunak di dalam tubuh
  • Sebagai tempat pembentukan sumsum
  • Memberikan bentuk tubuh dan menegakkan berdirinya tubuh

Tulang-tulang tersebut tidak dapat digerakkan tanpa adanya otot, sehingga otot disebut sebagai alat gerak aktif. Otot disebut alat gerak aktif karena otot mengandung senyawa kimia yang membuatnya dapat bergerak. Otot bersifat elastis, dapat direnggangkan, dapat dirangsang, dan berkontraksi. Otot pada hewan dan manusia terdiri jaringan otot. Otot disebut juga daging atau urat. Ketika otot yang menempel pada tulang digerakkan maka otot juga akan menyebabkan tulang bergerak.

Setelah membaca informasi di atas maka sekarang jawablah pertanyaan di bawah ini!
  1. Sebutkan ciri-ciri makhluk hidup!
  2. Mengapa otot disebut alat gerak aktif?
  3. Sebutkan fungsi rangka bagi manusia maupun hewan!
  4. Apa yang menghubungkan antar tulang di dalam tubuh?
  5. Apa organ tubuh yang disebut sebagai alat gerak pasif?

Related Posts: