Ide Pokok dalam Paragraf

Bahasa Indonesia (KD 3.1 dan 4.1)

Suatu teks bacaan tersusun atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki ide pokok. Ide pokok disebut juga gagasan pokok atau gagasan utama. Ide pokok paragraf merupakan ide yang mendasari disusunnya suatu paragraf. 

Ide pokok paragraf menunjukkan inti dari penjelasan dalam sebuah paragraf. Ide pokok berfungsi sebagai pokok, patokan, atau dasar acuan suatu paragraf. Sebuah paragraf hanya memuat satu ide pokok. Ide pokok dapat ditemukan pada kalimat utama. Kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung gagasan utama atau ide pokok. Ide pokok atau gagasan utama dalam sebuah paragraf dapat ditemukan dengan memperhatikan letak kalimat utamanya.

Letak kalimat utama dalam paragraf menentukan jenis paragraf yang digunakan. Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Adapun paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran. Sebuah ide pokok dikembangkan lagi menjadi beberapa kalimat pengembang.

Bacalah teks berikut ini!

Organ Gerak Manusia dan Hewan

       Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

       Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

       Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak  ersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

       Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan  tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan. 

       Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak

Untuk mengetahui tingkat pemahaman kalian, maka jawablah pertanyaan di bawah ini!

  1. Ada berapa paragraf pada bacaan di atas?
  2. Apa ide pokok pada paragraf 1?
  3. Tulang merupakan alat gerak pasif. Ide pokok tersebut terdapat dalam paragraf ke berapa?
  4. Sebutkan kalimat pengembang pada paragraf ke lima!
  5. Apa ide pokok pada paragraf ke tiga?


Related Posts: