Cara Membuat Footnote pada Karya Ilmiah

Bagi Anda sebagai palajar atau mahasiswa pasti sering mengerjakan tugas berupa membuat suatu tulisan karya ilmiah atau bahkan tugas akhir mahasiswa yaitu membuat skripsi atau thesis, atau Penelitian Tindakan Kelas. Penulisan suatu karya ilmiah tidak boleh gegabah. Setiap pernyataan yang kita tulis harus bisa dipertanggungjawabkan dari mana sumbernya. Oleh karena itu, dalam penulisan tersebut harus disertakan (disisipkan) sumber rujukan tersebut yang sering disebut footnote. Footnote yaitu keterangan sumber dari suatu pernyataan yang biasanya berada pada akhir kalimat tersebut. Biasanya ditandai dengan angka kecil yang terletak di atas kata terakhir. Angka tersebut akan urut secara otomatis jika kita menyisipkan beberapa footnote dalam halaman tulisan tersebut.
Sumber yang menjadi rujukan biasanya sebuah buku yang harus ditulis nama pengarangnya, judul buku, penerbitnya, tahun diterbitkan dan halaman buku yang menjadi rujukan tersebut. Oleh karena itu, dalam penulisan footnote harus lengkap agar pernyataan yang kita ungkapkan valid adanya, bukan ngarang atau rekayasa.
Lalu bagaimana cara membuat footnote dalam penulisan itu?
1.  Pastikan kita sudah membuka MS Word 
2.  Tulislah karya ilmiah tersebut sebagaimana adanya.
3.  Lalu pilihlah kata atau kalimat yang akan diberi footnote, yaitu dengan menyorot kata atau kalimat tersebut


4.  Dalam keadaan masih disorot (ingat jangan mengeklik di area halaman, nanti akan hilang sorotannya). Cari menu References pada menu bar. 

5.  Setelah diklik maka akan muncul beberapa pilihan menu, lalu kita pilih Insert Footnote

6.  Maka akan muncul footnote yang ditandai dengan munculnya angka di atas kata terakhir yang disorot tadi. Kemudian di bagian bawah setelah angka footnote kita tulis nama pengarang, dan seterusnya.

7.  Contohnya seperti di bawah ini

Demikian cara mudah membuat footnote agar karya ilmiah kita memenuhi syarat standar yang telah ditetapkan oleh pedoman penulisan karya ilmiah. 

Selamat mencoba, semoga sukses.

Related Posts: