Mengatasi Komputer Lemot dengan Disk Clean up

Salah satu penyebab komputer lambat adalah karena banyaknya file sampah yang tanpa kita sadari. File sampah tersebut menggangu kinerja komputer sehingga kurang responsif, atau bahkan menjadi hang jika kita paksakan. Saat kita menggunakan komputer maka tanpa kita sadari kita telah membentuk file-file sampah yang berada pada file system dan temporary files. Koka ada ya file-file sampah, padahal kita tidak pernah merasa membuang atau menghapus file. Karuan kalau recycle bin memang tempat membuang file-file yang tidak kita perlukan, dan itu memang sengaja kita membuangnya. Sedangkan pada file-file sistem dan temporary files adalah file-file yang sudah usang dan tidak dibutuhkan oleh komputer. Makanya jika kita merasa komputer kita kok lemot sekali maka kemungkinan file-file sampah sudah menumpuk di dalam sistem sehingga mempengaruhi kinerja komputer.
Oleh karena itu, agar komputer kita lebih resonsif lagi, tidak lemot maka file-file tersebut harus dibersihkan. Sebenarnya, kita tidak perlu jauh-jauh mencari software pembersih file, karena windows sudah menyediakan utility untuk kebersihan hardisk yaitu Disk Clean Up
Lalu bagaimana caranya membersihkan file sampah dengan Utility Disk Clean up ini?
1.  Klik kanan My Computer kemudian klik Open

2.  Maka akan terlihat disk yang ada di dalam komputer kita

3.  Misalnya kita akan membersihkan disk C maka klik kanan disk tersebut kemudian pilih Properties

4.  Maka akan keluar dialog kemudian klik Disk Cleanup

5.  Maka sistem akan menghapus file-file yang tidak berguna di dalam sistem.

6.  Kemudian muncul dialog yang menunjukkan file-file yang ada di dalam sistem komputer. Pilihlah Clean up system files kemudian klik tombol OK

7.  Maka akan ada dialog, pilih saja tombol Delete Files jika kita ingin menghapus file sampah tersebut.

8.  Maka Disk Clean up sedang memproses
9.  Jika sudah bersih maka file sampah tersebut akan hilang. Lihat hasilnya file sampah sudah 0 bytes. Artinya file-file sampah sudah kosong.
Sesudah dibersihkan
             Bandingkan dengan sebelum dibersihkan, masih ada file sampah sebesar 11,2 MB.
Sebelum Dibersihkan
Demikian, cara membersihkan file sampah yang terdapat dalam sistem komputer kita sehingga mempengaruhi kinerja kecepatan komputer tersebut. Lakukan hal itu secara berkala agar file-file sampah yang tanpa kita sadari tersebut hilang.

Related Posts: