Membagikan File dari Google Drive ke Publik

Setelah kita menyimpan (mengunggah) file di google drive maka kita bisa membagikannya kepada orang lain (publik). Hal ini biasanya jika kita memiliki sebuah blog atau website kemudian ada file tertentu yang ingin kita bagikan kepada orang lain. Karena, mungkin kita ingin agar orang lain tidak perlu menghubungi kita dulu untuk mengunduh filenya tetapi langsung dapat didownload di situs yang telah kita buat linknya. 
Oke, caranya cukup mudah yaitu:
1.   Login di Google Drive
2.   Kita menuju Drive Saya (My Drive) kemudian cari file yang ingin dibagikan (dalam contoh kita ambil gambar buah mangga). Kemudian klik kanan maka akan muncul kotak dialog, pilih Bagikan.

3.  Kemudian klik "Bagikan link yang bisa dibagikan" 

4.  Maka akan muncul dialog yang berisi link yang nantinya dapat kita bagikan ke orang lain.

5.  Kemudian pilih dialog "Siapa saja yang memiliki link yang dapat melihat" kemudian klik Ubah.

6.  Kemudian aktifkan pilihan "Publik di Web" dengan mengeklik lingkaran kecil di sampingnya, maka akan muncul tanda titik hitam sebagai pengaktifan. Kemudian klik tombol Simpan

7.  Maka selesailah kita membuat link untuk dapat dishare (dibagikan kepada orang lain). Kita dapat langsung mengkopi link yang telah aktif tersebut (lihat yang diblok biru pada kotak tautan berbagi) kemudian dipastekan pada blog kita atau bisa kita emailkan kepada orang lain via email.
.

8.  Jika kita hanya menyimpannya saja kemudian suatu saat akan membagikan kepada orang lain maka kita cukup cari file yang akan kita bagikan kemudian klik kanan. Maka akan muncul beberapa pilihan tetapi kita pilih "Dapatkan link yang bisa dibagikan"

9.  Maka otomatis link sudah tercopy dengan munculnya dialog ini
10.  Lalu kita pastekan pada link di website kita atau email jika ingin dikirimkan ke teman.
(Coba saja pastekan pada notepad atau lainnya jika ingin melihat linknya. Ini contoh jika linknya kita pastekan ke notepad).
Demikian cara membagi file yang telah kita unggah atau kita simpan di dalam google drive. Semoga tutorial kali ini bermanfaat. Oke selamat mencoba.



Related Posts: