Agar Laptop Tidak Sleep Saat Dibiarkan Hingga Berjam-jam

Ketika pendaftaran CPNS tahun 2018 dilakukan secara online maka selama kurun waktu pendaftaran itu server SSCN BKN mengalami banyak gangguan karena banyak pendaftar yang sedang melakukan pendaftaran online. Saat pengisian data kemudian upload dokumen juga lemot padahal koneksi internet yang digunakan sudah jaringan 4G tetapi saat mengisi ataupun mengupload dokumen loadingnya lama banget hingga laptop atau komputer yang digunakan mati sendiri (sleep). Ketika dibuka kita harus mengulangi lagi dari awal karena sudah dianggap disconnect. Sementara kita melakukan aktivitas lainnya sehingga tidak sempat menunggui komputer yang lama banget loadingnya.
Oleh karena itu, agar komputer atau laptop tidak mati secara otomatis atau sleep maka kita dapat mengaturnya sesuai keinginan. Bagaimana cara agar komputer tidak sleep otomatis?
Yang kita gunakan dalam tutorial saat ini adalah menggunakan Windows 10. Caranya hampir sama jika Anda menggunakan Windows versi berapapun.

1.   Pilihlah tombol Search Windows yaitu gambar loop yang ada di pojok kiri bawah maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

2.  Lalu ketik kotak Search Windows yang ingin kita cari yaitu Power Option

3.  Maka akan tampil menu Power Options kemudian klik submenu yaitu Edit power plan

4.  Maka akan muncul dialog dan ada beberapa pilihan. Pilihlah kolom turn off the display di sana ada segitiga hitam kecil yang terdapat dropdown pilihan waktu. Silakan pilih sesuai kebutuhan

5.  Jika kita memilih 30 minutes maka komputer akan mati (sleep) setelah 30 menit tidak disentuh sama sekali. Jika kita pilih never maka komputer akan nyala terus hingga baterainya habis. Jika sudah dipilih durasi waktunya kemudian klik tombol Save Changes

6.  Kita juga dapat memilih Plugged in  yang digunakan jika komputer (laptop) saat itu sedang dicolokkan ke listrik langsung. Jika sudah yakin sesuai yang dipilih maka kita pilih tombol Save Changes.
7.  Selesailah cara mengatur Power Options 
Demikian cara mengatur display komputer agar sleep atau mati sesuai dengan keinginan kita.


Related Posts: