Mengurutkan Peringkat Kejuaraan

Suatu ketika kita ditunjuk untuk menjadi panitia kejuaraan tingkat RT misalnya. Ini adalah suatu kebanggaan tersendiri karena kita dipercaya menjadi panitia lomba HUT Kemerdekaan RI. Nah, pada akhir kegiatan tentu kita harus mengumumkan hasil lomba tersebut kepada para penonton. Dalam keadaan demikian, biasanya para penonton ingin segera mengetahui siapa saja yang menjadi juara dalam lomba-lomba yang diselenggarakan. Jika kita lambat dalam menghitung nilai akhir maka para penonton tentu akan teriak-teriak agar segera diumumkan hasil lomba tersebut. Oleh karena itu, kita harus dapat bekerja secara cepat dan akurat sehingga dihasilkan kejuaraan yang objektif dan benar perhitungan nilai kita. Kita dituntut untuk memiliki cara cepat menghitung nilai akhir dan mengurutkan hasil lomba dengan akurat. 
Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi lomba atau kejuaraan tertentu, tetapi juga dapat diaplikasikan dalam berbagai event, termasuk nilai raport, dan sebagainya sesuai dengan situasi dan kondisi yang kita hadapi. Lalu bagaimana cara mengurutkan peringkat kejuaraan atau peringkat nilai secara cepat dan akurat? 
Yang jelas adalah semua peserta sudah kita data berdasarkan kategori tertentu, kemudian kita tulis juga nilai yang didapatkan. 
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1.  Pastikan kita sudah berada pada program Excel dan menulis semua data dengan lengkap
2.  Isikan nilai sesuai dengan data yang masuk. Biarkan saja nilai masuk apa adanya.

3.  Setelah semua data dan nilai masuk maka kita blok (sorot) tabel secara full.


4.  Tabel masih dalam keadaan diblok jangan klik di area worksheet (lembar kerja) nanti blok atau sorot akan hilang. Kemudian kita pilih icon Sort & Filter


5.  Maka akan muncul dialog kemudian kita pilih Custom Sort 


6.  Lalu muncul kotak dialog ada Colomn, Sort On, Order. Perhatikan gambar


7.  Pada kotak Colomn kita pilih Sort by "Nilai", Sort On "Values" dan Order "Largest to Smallest" karena kita akan mengurutkan dari nilai tertinggi hingga terendah. Klik OK.

8.  Maka data hasil perlombaan tersebut akan berubah urutannya dari yang terbesar hingga yang terkecil. Lihat kolom nilai.

9.  Klik kursor pada area sembarang di lembar kerja maka blok atau sorot akan hilang dan kita mendapati hasil akhir seperti pada gambar.

10. Kita dapat membandingkan antara sesudah diurutkan dengan yang belum diurutkan. Lihat gambar

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita dan meringankan kerja kita dalam bidang administrasi. Oke selamat mencoba semoga sukses.



Related Posts: