Mengubah inchi menjadi cm dalam MS Word 2016


     Pernahkah kita mengalami bahwa saat mengatur page set up ternyata ukuran kertas bukan menggunakan cm tetapi menggunakan inchi? Lihat gambar berikut ini:

     Akhirnya kita bingung untuk menentukan margin pada dokumen, berapa ya ukuran atas, bawah, kanan atau kiri yang tepat menurut ukuran cm. Kita sudah familiar dengan ukuran cm, sehingga akan mudah mengira-mengira ukuran batas tepi kanan kiri atau atas bawah. Memang, kita orang Asia, khususnya Indonesia sudah terbiasa dengan ukuran centimeter atau meter. Sedangkan untuk orang-orang bule sana sudah terbiasa dengan ukuran inchi dalam pengukuran kertas. Lalu bagaimana caranya agar ukuran kertas menjadi cm? Ikuti langkah-langkah berikut ini:
1.  Pada pojok kiri atas, pilihlah menu File kemudian klik


2.  Maka akan muncul dialog dengan beberapa tombol pilihan, klik tombol Options


3.  Maka akan muncul dialog General Options. Pilihlah tombol Advanced



4.  Maka akan muncul dialog Editing Options. Kemudian kursor scroll ke bawah


5.  Scroll ke bawah hingga menemukan menu Display dan di sana terdapat Show measurements in unit of dan akan tampak kotak kecil yang ada tulisannya Inches.


6.  Klik tanda panah kecil kemudian cari Centimeters kemudian klik. Setelah tertera centimeters maka kita klik tombol OK.


7.  Untuk mengecek apakah pengubahan tersebut sudah berhasil apa belum maka kita cek ke menu page setup untuk mengetahui ukuran kertas. Jika kotak dialog page setup sudah tertera cm maka kita sudah berhasil mengubah ukuran kertas dari inchi ke centimeter (cm).


Demikian, tutorial kali ini yang membahas tentang cara mengubah ukuran kertas dari inchi ke centimeter atau cm. Silakan dicoba semoga berhasil.

Related Posts: