Cara Menghilangkan Recent Files di Windows 10


     Jika kita menggunakan komputer atau laptop yang menggunakan OS (Operating System) Windows 10 biasanya semua aktivitas kita akan terjejak. Artinya, jika kita selesai membuka atau mengakses file atau program di dalam komputer atau laptop tersebut maka akan dapat terlihat apa saja yang telah kita buka atau kita akses di dalam komputer tersebut. Oleh karena itu, siapapun yang menggunakan komputer atau laptop yang menggunakan OS Windows 10 maka akan terlihat jejaknya. Seperti terlihat pada gambar berikut:


       Terkadang kita butuh privasi bahwa apa yang kita lakukan jangan sampai diketahui oleh orang lain. Karena sesuatu hal atau karena ingin melihat agar tampilan lebih bersih selain itu untuk mengurangi kerja ram, karena adanya file yang terjejak atau recent files akan mempengaruhi kerja ram. Apa saja langkah-langkah agar file yang telah kita buka atau aktivitas kita tidak meninggalkan jejak, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.  Pilihlah menu File yang terletak di pojok kiri atas

2.  Setelah diklik maka akan muncul dialog, kemudian pilihlah Change folder and search options

3.   Muncul dialog kemudian klik General kemudian klik tombol Clear

4.   Maka semua file yang telah kita akses akan hilang

5.   Namun, hal itu masih bersifat sementara. Karena jika kita mengetik atau mengakses file atau membuka program tertentu maka akan muncul lagi file yang telah kita akses tersebut.

6.   Jika kita menginginkan agar file recent tersebut tidak muncul lagi secara permanen maka perhatikan tanda centang yang ada pada kotak dialog tersebut.


8.   Hilangkan kedua tanda centang tersebut dengan cara mengeklik kotak centang sehingga kotak kecil tersebut kosong.

9.   Setelah kosong kedua tanda centang tersebut kemudian klik tombol Apply maka semua file atau dokumen yang kita akses akan hilang jejaknya.

10.   Kemudian klik tombol OK.

   Begitulah cara agar aktivitas kita di komputer atau laptop tidak dapat diketahui oleh orang lain, atau tidak terjejak oleh orang lain. Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.
Selamat mencoba.

Related Posts: