Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif

IPA (KD 3.1 dan 4.1)
Tema 1 ST 1 PB 1

Perkembangbiakan Secara Generatif

Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembang biak. Demikian pula tumbuhan, untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah maka tumbuhan berkembang biak. Perkembangbiakan tumbuhan ini secara generatif (kawin) maupun vegetatif (tak kawin). 

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah terjadinya tumbuhan baru yang didahului dengan penyerbukan. Penyerbukan merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari yang mengandung sel kelamin jantan ke kepala putik yang mengandung sel kelamin betina.

Bagian-bagian bunga lengkap
Alat-alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan terdapat pada bunga. Bentuk dan susunan bunga pada beberapa jenis tumbuhan berbeda-beda. Namun, secara umum bagian-bagian bunga yang lengkap seperti gambar berikut:
Bagian-bagian Bunga
Alat perkembangbiakan tumbuhan adalah benang sari dan putik. Benang sari sebagai alat kelamin jantan, sedangkan putik sebagai alat kelamin betina. Benang sari terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Pada kepala sari yang sudah tua terdapat kotak sari yang berisi serbuk sari. Di dalam setiap serbuk sari itulah terdapat sel kelamin jantan atau disebut juga spermatoziod.

Putik terdiri dari kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah. Di dalam bakal buah terdapat satu atau lebih bakal biji. Di dalam setiap bakal biji terdapat kantung lembaga yang mengandung beberapa inti. Salah satu inti tersebut adalah sel kelamin betina atau sel telur (ovum).

Proses terjadinya perkembangbiakan generatif
Perkembangbiakan generatif diawali dengan proses penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari. Di dalam ruang bakal biji itulah terjadi peristiwa pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin jantan (spermatozoid) dengan sel kelamin betina atau sel telur (ovum).

Hasl dari pembuahan disebut zigot. Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah berkembang menjadi daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru. Tumbuhan akan tumbuh jika biji tersebut ditanam atau berada pada lingkungan yang cocok.

Macam-macam Penyerbukan
Berdasarkan asal serbuk sari penyerbukan dibagi menjadi empat macam yaitu:
  • Penyerbukan sendiri, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri.
  • Penyerbukan tetangga, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain, tetapi kedua bunga itu masih dalam satu pohon.
  • Penyerbukan silang, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon tetapi masih satu jenis.
  • Penyerbukan bastar, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon dan tidak sejenis tetapi masih satu famili. Misalnya penyerbukan antara cabe merah dengan cabe rawit.
Ciri-ciri perkembangbiakan generatif pada tumbuhan
Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  • Menghasilkan individu baru
  • Adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina (serbuk sari dan putik)
  • Tumbuhan memiliki bunga
  • Calon individu baru berupa biji

Untuk mengetahui tingkat pemahaman kalian, jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
  1. Apa yang dimaksud perkembangbiakan generatif?
  2. Sebutkan dan jelaskan yang termasuk alat perkembangbiakan pada tumbuhan!
  3. Apa yang disebut penyerbukan?
  4. Berdasarkan serbuk sari, penyerbukan dibagi menjadi 4 macam, sebutkan!
  5. Apa yang disebut pembuahan?
  6. Sebutkan 4 ciri perkembangbiakan generatif pada tumbuhan!
  7. Pada dasarnya perkembangbiakan tumbuhan ada 2 macam, sebutkan!
  8. Apa yang disebut zigot?
  9. Apa yang disebut penyerbukan bastar?
  10. Apa yang disebut penyerbukan tetangga?


Related Posts: