Agar Suara Bass pada PC Lebih Bagus

PC atau laptop tidak hanya sebagai sarana untuk menulis atau mengolah foto atau video, tetapi dapat juga dijadikan sebagai sarana hiburan, yaitu dengan memutar musik atau video. Sambil menulis atau mengolah data kita mendengarkan musik dari PC atau laptop hal ini dapat mengurangi ketegangan saat mengolah data atau mengedit gambar ataupun menulis. Kita bisa mendengarkan audio dengan menggunakan headset (earphone) atau speaker. Tetapi, terkadang timbul masalah karena suara yang dihasilkan dari PC kurang bagus, suara bass masih terasa cempreng hingga tidak beda jauh antara suara bass dengan suara orang yang sedang mengetok pintu. 

Nah, agar suara bass pada PC atau laptop lebih nendang maka ada beberapa cara, yaitu cara pertama adalah dengan mengunduh software tertentu yang dapat membuat audio lebih mantap. Sedangkan cara kedua adalah dengan menggunakan tool pada perangkat audio yang sudah tersedia di dalam PC atau laptop kita. Jika kita menggunakan software tertentu biasanya pada awalnya adalah mode trial, kemudian jika waktunya habis maka kita disuruh membeli software itu. Tetapi jika menggunakan tool pada perangkat audio yang tersedia di PC maka ini adalah gratis.

Oke, langsung saja menuju cara membuat suara pada PC agar lebih ngebas adalah sebagai berikut:

1.  Lihat icon speaker yang terletak pada pojok kanan bawah pada desktop

2.  Klik kanan ikon tersebut maka akan muncul kotak dialog, dan pilihlah “Playback devices”

3.  Maka akan muncul kotak dialog lagi dan pilihlah speaker yang aktif yaitu ditandai dengan tanda centang hijau. Lihat gambar berikut.

4.  Kemudian klik dua kali pada ikon “Speakers” atau klik kanan pada ikon tersebut maka akan muncul dialog, kemudian pilih “Properties”

5.  Maka akan muncul kotak dialog lagi kemudian pilih tab “Enhancements” 

6.  Maka akan muncul kotak dialog lagi dan lihat ada beberapa pilihan di dalam kotak

7.  Beri tanda centang pada kotak kecil “Bass Boost”

8.  Kita dapat mengeksplorasi dengan menambahkan frekuensi dengan memilih tab “Setting” maka akan muncul dialog frekuensi yang ingin kita tambahkan pada perangkat audio kita.

9.  Tetapi ingat, tidak semua PC akan sesuai dengan frekuensi yang kita inginkan. Di sini secara default frekuensi audio kita adalah 80 Hz. Jika kita pilih angka yang lebih tinggi maka apabila perangkat kita mendukung dengan frekuensi tersebut maka suara akan lebih bagus. Tetapi jika perangkat tidak mendukung dengan frekuensi yang kita pilih maka sebaiknya dikembalikan saja ke settingan default yaitu 80 Hz.

Oke, demikian cara agar suara bass pada PC atau laptop kita lebih nendang. Hal itu akan terasa lebih mantap jika dihubungkan dengan speaker aktif yang bagus maka ruangan kita seakan berada pada home teater. Selamat mencoba.

Related Posts: