Cara Menyortir Data agar Urut

     Mengelola data adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan keakuratan. Oleh karena itu diperlukan entri data yang akurat dan mudah dibaca. Salah satu pegelolaan terhadap data adalah dengan mengurutkan data (sortir data). Jika saat kita membaca suatu data kemudian data masih acak-acakan sementara pekerjaan lainnya segera diselesaikan maka melihat data adalah tambah memusingkan. Oleh karena itu diperlukan penataan data yang urut dan akurat. Salah satu cara untuk mengurutkan data adalah dengan program Excel.
Misalnya kita akan menginput data acak sebagai berikut:
Listyorini Safitri
Leonardo
Reni Dwi Hartati
Sugianto Wibowo
Doni Mardani
Helena Yustiana
Mahmudi Ghozali
Hadi Suwanto
Andi Martono
Bagus Setiyono
    
     Jika kita amati data tersebut maka nama-nama yang tertulis tersebut tidak urut sesuai urutan abjad, tetapi masih acak karena kemungkinan saat kita mengetik kita mengetik nama-nama yang ada lebih dahulu, misalnya jika dalam suatu tumpukan map kebetulan nama-nama yang ada memang tertumpuk seperti itu. Agar setelah kita ketik kemudian tertata rapi sesuai dengan urutan abjadnya maka kita perlu mengurutkannya (menyortir).
Adapun cara untuk mengurutkan data adalah sebagai berikut:
1.    Tulislah data-data secara acak (tidak usah diurutkan, malah menyita waktu)

2.    Setelah data sudah masuk kemudian sorot (blok) data yang akan diurutkan itu
3.    Kemudian klik icon Short & Filter pada kanan atas layar (lihat gambar)

4.    Setelah diklik maka akan muncul kotak dialog
5.    Pilihlah dan klik A to Z (lowest to highest)

6.  Maka secara otomatis data acak yang telah disorot (diblok) tadi akan urut sesuai urutan abjad (dalam hal ini dari yang terkecil ke terbesar atau dari huruf awal sampai akhir)

7.    Kemudian klik di area sembarang untuk menghilangkan blok pada data tadi


     
Demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat bagi teman-teman yang berkecimpung dalam dunia entri data. Selamat mencoba semoga sukses.

Related Posts: